Minggu, 05 Agustus 2012

indahnya pribadi yang sholeh

Sahabat saudaraku fillah...Sesungguhnya orang yang sholeh adalah orang yang menjalani kehidupan sesuai dengan ketentuan Allah dan Rasul-Nya sehingga memberi manfaat kebaikan dan tidak mengakibatkan kerusakan atau kemudharatan bagi diri sendiri dan orang lain. Menjadi orang yang sholeh merupakan hal yang amat penting bagi setiap muslim. Ada beberapa kriteria orang yang sholeh, yakni ;

1.Memiliki iman yang benar

Meyakini bahwa Allah sebagai Rabb kita dengan dibuktikan dalam perkataan dan perbuatan yang baik sesuai dengan ketentuan Allah dan yang telah dicontohkan oleh Rasulullah. “ Mereka beriman kepada Allah dan hari akhir, menyuruh ( berbuat ) yang makruf dan mencegah dari yang mungkar dan bersegera ( mengerjakan ) berbagai kebajikan. Mereka termasuk orang-orang yang sholeh.”( QS. Ali-Imran : 114 ).

2.Beramar makruf dan nahi mungkar

“ Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh ( berbuat ) yang makruf dan mencegah dari yang mungkar dan beriman kepada Allah...” (QS. Ali-Imran : 110).

Hal ini menunjukkan bahwa menjadi orang yang sholeh tidak hanya bersifat pribadi artinya kita pun peduli terhadap orang lain dengan menyeru kebaikan dan mencegah kemungkaran sebagaimana usaha diri kita ingin menjadi orang yang sholeh.

3.Bersegera melakukan kebaikan

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam mengingatkan agar kita segera melakukan kebaikan karena tidak tahu apa yang akan terjadi esok hari dalam sabda beliau : “ Bergegaslah beramal ( mendahului datangnya ) fitnah –fitnah seperti potongan-potongan malam yang gelap, pagi-pagi orang menjadi mukmin dan pada sore hari menjadi kafir , dan sore menjadi mukmin dan pagi-pagi menjadi kafir, salah seorang mereka menjual agamanya dengan sedikit harta dunia.” ( HR. Ahmad, Muslim dan Tirmidzi ).

4.Taat kepada Allah dan Rasul

Orang dikategorikan sholeh manakala mentaati apa yang diperintahkan oleh Allah dan apa yang telah dicontohkan oleh Rasul-Nya. Ketika kita taat kepada Allah dan Rasul akan dikelompokkan bersama dengan nabi, orang yang jujur, orang yang mati syahid dan orang –orang yang sholeh. “ Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul –Nya maka mereka itu akan bersama-sama dengan orang yang diberikan nikmat oleh Allah(yaitu ) para nabi, para pecinta kebenaran, orang-orang yang mati syahid dan orang-orang sholeh. Mereka itulah teman yang sebaik-baiknya.”( QS.An-Nisa’ : 69).

Saudaraku..demikianlah betapa indahnya jika kita memiliki pribadi yang sholeh karena tiap detik kehidupan ini hanya diisi dengan kebaikan bukan hanya untuk diri namun juga bermanfaat bagi sesama. Semoga kita tergolong di dalamnya,aamiin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar