Selasa, 07 Agustus 2012

SEORANG AKHWAT YG BERTANYA-TANYA

ASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

SEORANG AKHWAT YG BERTANYA_TANYA


Saat di dalam hati ini,,Mulai terbersit Tanya“ tulang rusuk syapakah diri ini,,??!!”

Tapi tertahanerat hanya di hati kecil nan dalam Hingga perih mulai kurasa Namun segerah kubalut dengan jawabku sendiri“hanya Allah lah yang tahu” Saat Tanya selanjutnya pun mulai terurai di otak“knapa dya sang pangeranku tak mencari rusuk bengkoknya yang hilang??

Begitu sulitkah baginya temukanku??

Kurang ikhtiarkah dya,,kurang berdo’akah,,??Mungkinkah,,dya tak sadar telah kehilangan rusuknya??

Atau mungkinkah dya benar-benar tak butuhkan rusuk bengkok ini??

Atauuuu,,,,,cukup-cukup,,,

Akupun segerah menyimpul
Tanya-tanya putus asa itu dengan jawab,,“tak usah bersuudzon,,Semua tersebab Allah belum izinkan terjadi”Dan teringatlah betapa Allah,,telahgariskan sang pangeran truntukku pangeranku sibuk berbenah diri sepertiku pangerankupun tengah menantikupun mulaimempersiapkan segalanya untuk menyambut kehadiranku di sisinya” akupun tersadar,,ku fahami bahwa Allah juga tlah sediakan waktu tuk pemutaran episode yangternantikan olehku dan pangeranku

teryakinkan diri,,betapa semua akan terasa indah pada waktunya jika Allah izinkan,,kelak semua terjadi dengan hikmat penuh ridho,,rohmah,,barokahNya (teruntuk saudara-saudariku dalam penantian panjang)

Merahasiakan Rasa Suka Dan Benci

0rang yang ingin punya seorang kekasih wajib tahu bahwa kekasih ada dua jenis: pertama,seseorang yang diinginkan kecantikannya; kedua, seorang sahabat yang diinginkan kemuliaanakhlaqnya.
bila tertawan oleh kecantikan seorang wanita, engkau wajib merenungkan sifat-sifatbatinnya terlebih dahulu sebelum engkau mencintainya dengan cinta yang sesungguhnya.

Kalau engkau mendapatinya seperti yang diinginkan dan pilarnya adalah agama, seperti yangdisabdakan Nabi Muhammad Saw, “Nikahilah wanita yang memegang teguh agamanya” makacintailah dan nikahilah ia hingga engkau memperoleh anak darinya. Walaupun demikian, jangan berlebih-lebihan dalam mencintainya, karena yang termasuk salah satu tindakan yangsalah adalah memperlihatkan cintamu kepada kekasihmu tercinta.

Berlebih-lebihan dalammencintainya hanya akan memberatkanmu, menyakitimu, mendiamkanmu, menghinakanmu,dan meminta uang belanja yang banyak darimu sekalipun ia mencintaimu.Karena setiap manusia suka menghinakan orang yang mencintainya, terdapat satu rahasia lagiyang harus engkau ketahui. Berdasarkan bukti-bukti yang dilihat, engkau pun yakin padakesempurnaan cinta kekasihmu, tiba-tiba saja engkau melihatnya berubah dan tak lagimencintaimu. Pada saat itulah engkau terkecoh dan terjebak sembari menyadari bahwa dirimutak bisa membebaskan diri darinya dengan mudah. Kekasihmu juga sangat mungkin menguasaidirimu; mungkin karena telah mengetahui rahasia-rahasiamu, atau mungkin karena telahmendapatkan harta yang banyak darimu.Salah satu kisah paling menarik tentang masalah ini adalah sahaya wanita seorang khalifah. Iamencintai majikannya itu dengan cinta yang melampaui batas.

Walau cintanya padanyademikian kuat, ia tetap tidak mau memperlihatkannya kepadanya. Salah seorang yangmengetahuinya penasaran, maka ia menanyainya, ternyata jawabannya adalah,”seandainya akumemberitahunya tentang cintaku kepadanya, lalu di kemudian hari ia membenciku, maka akuakan binasa.”Seorang penyair mengatakan:

“jangan pernah memperlihatkan rasa cinta kepada pujaan hati hingga kau pun menyaksikan seluruh jenis kebaikan pada dirinya, aku sendiri pernah memperlihatkan rasa cintaku kepadakekasihku namun kemudia aku harus merasakan akibat buruk kebenciannya.”

Anda juga harus merahasiakan rasa cinta kepada anak-anakmu sendiri karena mereka akanmenguasai anda, menyia-nyiakan harta bendamu, melampaui batas dalam bermanja-manja padamu serta menolak mempelajari ilmu dan adab bila engkau memerintahnya.Hal yang sama juga mesti engkau lakukan bila sedang menguji seorang sahabat, janganmemberitahukan semua rahasiamu kepadanya, dan pergaulilah ia dengan baik, seperti engkaumerawat tanaman-tanaman. Karena jika ia berasal dari keluarga yang baik tentu akan berubah baik pula. Engkau juga harus menjaga kewaspadaanmu terhadapnya secara berkesinambungan,karena situasi dan kondisi sangat mungkin mengalami perubahan.Seorang penyair mengatakan:

“Pasanglah satu kewaspadaan untukmuTapi pasanglah seribu kewaspadaan untuk temanmu Karena temanmu bisa saja menjadi musuhmu Hingga ia pun bisa mendatangkan bahaya kepadamu”

Apabila membenci seseorang, engkau tidak diizinkan memperlihatkan kebencian itukepadanya. Karena, tindakan ini akan membuatnya memasang kewaspadaan pada dirimu danmendorongnya untuk melakukan perlawanan terhadap dirimu. Sesudah itu, ia pun akan habis-habisan memerangimu dan melakukan berbagai muslihat padamu.

Untuk itu seyogyanyaengkau memperlihatkan tindakan yang baik dan terpuji kepadanya jika memang engkaumampu melakukannya, dan karenanya permushannya pada dirinya akan berubah menjadi rasamalu terhadap dirimu. Namun, jika tak dapat melakukannya, engkau mesti mendiamkannya dan tidak menyakitinya.Apabila mendengar perkataan yang menyakitkan darinya, engkau harus menjawabnya dengan jawaban yang baik, karena ia lebih efektif menghubungkan mulutnya.

Engkau dilarangmemperlihatkan seluruh hal yang dikhawatirkan akan menimbulkan bahaya, karena kadang-kadang satu kalimat celaan terhadap seorang penguasa yang engkau ucapkan dan terdengar olehnya sudah mampu membuatnya celaka.

Demikian pula kalimat buruk terhadap seorangsahabat, ini juga bisa menimbulkan pemusuhan.

Engkau juga bisa menjadi tawanan orang yang telah mendengar kalimatmu yang menyakitkan pihak lain, karena khawatir ia akan menyebarluaskan. Oleh sebab itu, tindakan yang palingtepat adalah merahasiakan rasa benci dan rasa cintamu kepada siapapun.Sepatutnya engkau juga merahasiakan umurmu. Jika engkau sudah tua, orang-orang akanmenghinamu, dan bila engkau masih muda mereka akan meremehkanmu.Banyak sedikitnya hartamu juga mesti dirahasiakan. Bila banyak orang-orang akanmenuduhmu sebagai orang kikir ketika engkau membelanjakannya dalam jumlah sedikit. Dan jika hartamu sedikit mereka akan menjauhimu supaya tak terbebani oleh dirimu.

Mazhab juga begitu, jika engkau memperlihatkannya, sangat mungkin ia akan terdengar olehseseorang yang berseberangan denganmu, lalu iapun meyakini dirimu sebagai orang kafir.

Muhammad bin abdul Baqi’ al-Bazzar mengatakan, “peliharalah lisanmu dan janganmenceritakan tiga perkara: usia, harta dan aliran. Karena ketiga perkara ini pula engkau akan diuji dengan 3 hal lainnya: seorang penghina, seorang penuduh, serta seorang pendusta.”


wa iyyaki khoiron wa fiiki bararokallah afwan
Jaga Iman, Jaga Shalat, Jaga Akhlak & Tutup Aurat

wallahu a'lam bish-shawab

WASSALAMU’ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar